Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Makan Buah Saat Sarapan Pagi

Lifestyle34 Views

Tahukah Anda betapa bersarnya manfaat yang diperoleh tubuh ketika menjadikan buah-buahan sebagai salah satu menu sarapan pagi?

Sarapan pagi adalah waktu makan yang sangat penting karena membantu memulai metabolisme tubuh dan memberikan energi untuk aktivitas sepanjang hari.

Salah satu komponen sarapan yang semakin populer adalah buah-buahan. Mengonsumsi buah saat sarapan tidak hanya menyegarkan, tetapi juga membawa berbagai manfaat kesehatan.

Manfaat Makan Buah saat Sarapan Pagi

  1. Sumber Energi Alami

Buah-buahan mengandung gula alami yang dikenal sebagai fruktosa, yang dapat memberikan dorongan energi instan tanpa lonjakan gula darah yang dramatis.

Dr. Michael Greger, seorang ahli gizi dan pendiri NutritionFacts.org, menjelaskan bahwa fruktosa dalam buah-buahan diiringi oleh serat yang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Ini berarti energi dilepaskan secara perlahan dan stabil, membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah-buahan kaya akan vitamin C, antioksidan yang kuat yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menurut Dr. Jo Ann Carson dari UT Southwestern Medical Center, mengonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan stroberi saat sarapan dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan fungsi imun tubuh.

  1. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat yang terdapat dalam buah sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Dr. David L. Katz, direktur Yale-Griffin Prevention Research Center, menekankan bahwa serat membantu mempromosikan gerakan usus yang teratur dan mencegah sembelit.

Buah-buahan seperti apel, pir, dan beri sangat baik untuk mendukung pencernaan yang sehat karena kandungan seratnya yang tinggi.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Buah-buahan umumnya rendah kalori tetapi tinggi serat dan air, yang membuatnya sangat mengenyangkan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa orang yang makan buah di pagi hari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan lebih mampu mempertahankan berat badan ideal.

Dr. Barbara Rolls, penulis buku: The Volumetrics Eating Plan, menambahkan bahwa makanan yang tinggi volume namun rendah kalori seperti buah-buahan dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

  1. Memperbaiki Fungsi Kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah di pagi hari dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Buah beri, khususnya, mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Dr. Robert Krikorian dari University of Cincinnati menemukan bahwa konsumsi rutin buah beri dapat membantu meningkatkan memori kerja pada orang dewasa yang lebih tua.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Mengonsumsi buah secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Buah-buahan mengandung berbagai nutrisi penting termasuk vitamin, mineral, dan fitokimia yang berkontribusi pada kesehatan jantung dan regulasi kadar gula darah.

Dr. Dariush Mozaffarian, seorang ahli epidemiologi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, menyatakan bahwa asupan buah yang tinggi berkorelasi dengan penurunan risiko penyakit jantung dan penurunan tekanan darah.

  1. Meningkatkan Mood dan Kesejahteraan Mental

Mengonsumsi buah juga dapat berdampak positif pada kesejahteraan mental. Buah-buahan yang kaya akan vitamin B6 seperti pisang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal: Nutrients menunjukkan bahwa pola makan yang kaya buah dan sayuran dapat mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

Makan buah saat sarapan pagi menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Dari memberikan dorongan energi alami, mendukung sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, hingga membantu menjaga berat badan ideal, buah-buahan adalah pilihan yang sangat baik untuk memulai hari Anda.

Dengan demikian, menambahkan berbagai buah segar ke dalam sarapan Anda dapat menjadi langkah kecil namun berdampak besar untuk kesehatan jangka panjang Anda.

Ahli kesehatan terus menyarankan agar kita menjadikan buah sebagai bagian integral dari pola makan sehari-hari, termasuk di waktu sarapan, untuk meraih manfaat kesehatan yang optimal.***