IOC Mengizinkan 16 Atlet Rusia Berkompetisi di Olimpiade Paris 2024

Olahraga17 Views

AMBONPOS.COM – Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan bahwa sebanyak 16 atlet Rusia dan 17 atlet Belarus akan dapat berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024 di bawah bendera netral. Hal ini dilaporkan oleh AFP pada Rabu.

Atlet-atlet ini akan berkompetisi dalam 10 disiplin olahraga yang berbeda, termasuk balap sepeda, renang, dan tenis. Salah satu yang sudah dikonfirmasi akan berlaga adalah petenis Daniil Medvedev.

Namun, daftar atlet yang diizinkan oleh IOC dapat berubah jika ada peserta yang mengundurkan diri. Sejauh ini, IOC mencatat adanya 19 penolakan dari atlet Rusia, termasuk beberapa yang awalnya diundang tetapi kemudian berubah pikiran. Selain itu, terdapat tujuh penolakan dari atlet Belarus, termasuk Aryna Sabalenka dan Victoria Azarenka, dua pemain tenis putri dunia yang berperingkat tinggi.

Beberapa atlet Rusia, termasuk judoka dan pegulat, juga menolak secara massal untuk berpartisipasi.

Pengembalian atlet-atlet Rusia dan Belarus ke ajang Olimpiade di bawah bendera netral ini merupakan bagian dari regulasi IOC setelah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Sanksi ini diterapkan dengan ketat, termasuk pemeriksaan ganda untuk memastikan atlet tidak terlibat secara langsung dalam konflik di Ukraina atau memiliki hubungan dengan militer negara mereka.

Atlet-atlet ini akan bertanding tanpa menggunakan warna nasional, melainkan di bawah bendera hijau bertuliskan huruf “AIN” (Atlet Individu Netral). Mereka juga tidak akan mengikuti parade di Sungai Seine selama upacara pembukaan atau muncul di tabel perolehan medali. IOC juga telah menentukan lagu tanpa lirik yang akan dimainkan jika atlet dari Rusia atau Belarus meraih medali emas.

Meskipun ada beberapa pembatasan, IOC memberikan kesempatan bagi atlet-individu ini untuk tetap berkompetisi di tingkat Olimpiade.