Ahli Gizi UGM: Waspada Minum Air Tebu Setiap Hari, Berpotensi Tingkatkan Risiko Diabetes

Lifestyle16 Views

AMBONPOS.COM – Air tebu, yang sering dianggap sehat karena alami, ternyata perlu diwaspadai jika dikonsumsi setiap hari. Menurut Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Toto Sudargo, air tebu mengandung gula monosakarida yang dapat meningkatkan risiko diabetes karena memperberat kerja pankreas dalam menghasilkan insulin.

“Gula monosakarida dalam air tebu meningkatkan beban kerja insulin, yang dapat mengganggu kontrol gula darah dan memicu diabetes,” jelasnya pada Senin (8/7/2024). Toto menjelaskan bahwa gula kompleks, seperti yang terdapat dalam nasi, singkong, dan ubi, lebih baik karena tersedia dalam bentuk serat yang membantu proses penyerapan glukosa.

Meskipun begitu, Toto tidak menutup kemungkinan untuk meminum air tebu secara terbatas. “Boleh meminum air tebu, namun tidak disarankan setiap hari,” tegasnya.

Inggrid Tania, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), menambahkan bahwa air tebu memiliki manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Dia menyarankan untuk membatasi konsumsi air tebu maksimal 250 ml sehari, terutama bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan tertentu.

“Air tebu bisa membantu dalam menjaga hidrasi dan keseimbangan elektrolit, serta kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral,” ungkapnya. Tania juga menyoroti manfaat air tebu dalam menjaga pencernaan, meningkatkan imunitas, dan mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

Meski demikian, dia menyarankan agar konsumsi air tebu sebaiknya diimbangi dengan gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur dan pola makan yang seimbang.